Warning Coach Domain Murah

34 comments
Daftar Isi [Tampil]
Warning coach domain murah


Ada tugas tentang memasang domain. Tapi aku pakai domain murah jadi tidak merasakan kekalutan seperti teman-teman dalam Blogspedia Coaching Batch1. Tugasnya harus menuliskan tentang pengalaman memasang domain sendiri. Bagaimanapun juga aku harus mengerjakannya.

Akan aku kisahkan bagaimana perasaan dan bertemunya aku dengan domain murah. Sampai saat ini masih was-was jika blog aku bermasalah. Aku sudah sayang banget dengan alamat blog aku. Karena ini adalah nama yang sering aku inginkan dari dulu.

Perjalanan Mengenal Domain .com Murah 


Info dari Teman


Sebenarnya sudah sering ada info-info tentang domain murah dibeberapa grup yang aku miliki. Awalnya aku tidak tertarik sama sekali. Sampai suatu hari teman menginfokan untuk beli disitu. Alasannya karena murah. Aku yang tidak tertarik jadi tergiur akan pesannya.

Jadilah aku membeli domain yang benar-benar dibawah harga rata-rata yang ada di tempat pembelian pada umumnya.

Mulai Aneh dengan Pelayanannya


Aku diberi artikel yang memiliki kontak WA untuk dihubumgi. Ketika bertanya ini itu sebelum membeli dapat respon yang cepat. Setelah aku membayar tidak ada balasan sama sekali. Di baca pun tidak. Aku mulai merasa aneh. 


Apa yang aku lakukan setelah mendapat warning dari coach?


Tiba-tiba grup ada warning dari coach bahwa hati-hati membeli domain dibawah harga standar pada umumnya. Bisa jadi kalau ada sesuatu tidak bisa mengklaimnya. Akhirnya kekhawatiranku benar-benar terjadi. Bisa jadi penyedia domain murah tidak legal. Wah benar-benar buatku syok membacanya.

1. Tanggapan Pertama


Sedih sih, mau menangis tapi tak bisa. Aku sudah cocok dengan alamat blog aku. Mau marah? Sama siapa? Dan untuk apa? toh sudah terlanjur. Akhirnya aku ikhlaskan saja apa yang sudah terjadi.

2. Mencari Solusi


Cari Solusi untuk kesalahan kita

Daripada aku memendam marah, kesal dan menahan tangis. Aku coba cari solusi. Ternyata bisa transfer domain ke penyedia domain yang legal. Setelah ku cari-cari info, bisa ditransfer setelah aktif 60 hari. Ada kelegaan disitu. Jadi nanti Desember baru akan transfer penyedia domain yang legal.

3. Apakah selesai?


Tidak, ternyata dapat kabar dari coach bahwa belum tentu bisa transfer domain. Karena sudah dikunci dari pihak penyedia domain agar tidak bisa ganti haluan. Harapanku pun setipis antara dosa dan pahala. Apapun yang terjadi nanti bulan Desember aku berdoa semoga masih bisa transfer domain.

Kalau tidak bisa? Pasrah, mungkin aku relakan untuk ganti TLD-nya. 

Akibat Membeli Domain Murah

  • Jika kita klaim kalau ada masalah tidak tahu harus kemana. Atau tidak ada support system.
  • Tidak jelas penyedia jasanya. 
  • Tidak tahu cara perpanjang tahun selanjutnya.
Aku pun tidak tahu harus bagaimana jika nanti ada masalah. Semoga bisa transfer domain dan tidak ada kendala pasti sebelum pindah.

Apa yang harus dilakukan jika mendapat info harga murah dari umumnya?


  • Tanyakan dulu keuntungan dan kerugiannya
  • Tanyakan pada orang yang lebih tahu tentang info tersebut
  • Jangan telan mentah-mentah info tersebut
  • Jangan mudah tergiur harga murah
  • Jangan sebarkan pada orang lain
  • Jika sudah terjadi, jadikan pembelajaran


Cara memasang TLD 


Semurah-murahnya domain tetap saja harus dipasang ke blog kita. Karena tidak ada pendampingan dari pihak penyedia akhirnya aku memasang sendiri. Di sini dibantu teman dan cari-cari info cara memasang TLD.

Cara ini hanya ada dipenyedia domain yang aku beli, ya jadi bukan sebagai bahan acauan pada umumnya.

  1. Pertama aku mengirim pesan pada seller nama domain yang aku mau dan alamat email aku.
  2. Setelah itu pembayaran lewat DANA
  3. Setelah selesai akan diberi alamat email dan password untuk buka di Couldflare
  4. Di home couldflare nanti ada domain aktif kita, lalu klik agar diarahkan ke menu-menu domain kita.
  5. Kita masuk ke blog kita, langsung ke menu setting.
  6. Di menu setting akan ada custom domain. Masukan url domain. Di sini domain tidak langsung aktif. Kita harus kembali ke couldflare untuk utak atiknya.
  7. Masuk lagi ke couldflare nanti kita buka DNS. Di sinilah kita insretd record dari A sampai 4 macam dan CNAME sampai 2 macam. Khusus CNAME kita ambil dari peringatan merah-merah di blog kita, ketika memasukan url. Ini rahasia, ya.
  8. Kalau sudah selesai add record. Save. Selesai sudah urusan di Cloudflare.
  9. Kembali ke menu setting blog kita. Setelah tidak ada peringatan, berarti pemasangan domain kita sudah benar.
  10. Selanjutnya Redirect domain dan aktifkan HTTPS semuanya.
  11. Selamat menikmati domain baru dengan rasa was-was. Hehehe

Perasaanku Setelah Menggunakan Domain


Tidak semua hal awalnya indah

Singkirkan rasa was-was yang menggelayutiku. Bagaimanapun juga, aku merasa senang bisa memiliki domain di blogku. Menurutku ini hal tidak mungkin untuk waktu itu. Tidak terbayangkan akan berurusan dengan blog sampai seperti ini.

Semoga lebih semangat untuk tetap menulis di blog. Tetap memberikan hal-hal yang bermanfaat meskipun yang didapat sebuah ketidakenakan. Kita masih tetap bisa mengajak orang untuk melihat sisi positif dari hal negatif yang telah kita terima.

Untuk kawan semuanya. Mau melakukan apapun itu carilah banyak-banyak informasi untuk melakukan sesuatu. Yang belum tentu pahami betul. Apalagi keamanan di dunia maya yang tidak terduga bisa hilang dalam waktu sekejab.

Tidak semua orang awalnya selalu indah, akulah termasuknya. Awalannya menyimpang pada umumnya. Tapi aku berharap proses dan kedepannya tidaklah salah jalur lagi. pastinya aku akan perbaiki dan belajar, belajar, belajar sampai kapanpun.

Bersyukurnya aku tetap mendapatkan ilmu yang sebenarnya dari coach tentang domain murah. Tidak semua hal harus menyenangkan kadang kepahitan pun sebuah anugerah. Asal tidak sampai lepas dari kendali-Nya.




Related Posts

34 comments

  1. Wah, aku jadi penasaran sama penyedia jasa domain ilegal. Ternyata ada, ya? Deg-degan juga kalo ngalami. Pengaruh sama blog nggak sih, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah aku edit artikelnya kak hehe
      jadi aku pun tidak tahu siapa penyedia jasanya hehehe

      Delete
  2. Ini kah blog yang sapa domain murah itu? Apa gimana?
    Pokoknya mah kalo lihat yang murah, teliti dlu yak siapa penyedianya. Jelas apa engga. Kalo ngga jelas mending tinggal aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa
      aku terlalu tergiur akan murahnya wkwkkwk

      Delete
  3. Waduh, zaman sekarang emang kudu hati-hati dan lebih selektif

    ReplyDelete
  4. Hahahhahaha... Aku pakai domain murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ni folowersmu bang haahahhaha

      Delete
    2. kalau paham dunia progaming mungkin tidak apa-apa kali, ya..

      aku kan orang awam soalnya wkwwkwkk

      Delete
  5. Perjuangan memasang domain panjang juga ya. Kirain cuma pasang aja yang rempong. Nggak tau pas belinya juga kudu hati². BTW, selamat untuk nama blog barunya, eh, domain, deng.

    ReplyDelete
  6. Aku belum faham, jadi kedepannya blog Kaka aman ga?

    ReplyDelete
  7. biar aman pakai jasa yang direkomendasiin coach aja ya mba?

    ReplyDelete
  8. Waduh, bener banget ini. Kudu hati-hati. Kalau aku selain recom dari coach juga lihat profile perusahaannya. Ada juga artikel penyedia domain terbaik di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, minta rekom dari coach saja yang sudah berpengalaman

      Delete
  9. Semoga aman terus blognya ya mbak, tidak ada masalah, lancar berkah full manfaat. Semnagat Mbaks! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin kak
      semoga tidak terjadi hal yang membuat pening sekali hehehe

      Delete
  10. Semoga tidak terjadi apa-apa mba dengan blognya. Semamgatt mbaa

    ReplyDelete
  11. Baru tau ada yang nakal gini mba, kemarin sempat baca-baca juga di grup fb blogger gitu tapi ceritanya ditawarin gratis domain

    ReplyDelete
    Replies
    1. domain gratis juga harus hati-hati kalau tidak tahu penyedianya apa

      Delete
  12. Pengalaman emang guru yang terbaik... Tapi selalu ada hikmah di setiap peristiwa yaa

    ReplyDelete
  13. Penasaran dengan kelanjutannya. Semoga nggak kenapa-napa ya Mbak. Thank you so much for sharing.

    ReplyDelete
  14. dah taubat ya mbak, kwokwok maafkan orang yg sudah menyesatkan ke anti itu xDD

    ReplyDelete
  15. Wah pembelajaran ini. Makasih kak sharingnya. Semoga blognya baik-baik saja ya, Kak.

    ReplyDelete
  16. aku baru checkout domain, makasih karena disini dapet info cara singkronisasi nya dengan blog ku

    ReplyDelete

Post a Comment