Mengulik Personal Branding untuk Blogger

12 comments
Daftar Isi [Tampil]
Mengulik personal branding untuk blogger
Personal branding untuk blogger ini adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh blogger. Bagaimana tidak ini berguna untuk orang lain tahu apa sih yang ada di dalam blognya. Membuat orang ingin menyadari keberadaan blog kita sebagai apa.

Untuk personal branding, aku bukanlah ahli. Jadi akan aku tulis apa yang aku rasakan dan didapatkan. Sebelum mengenal blog aku ingin dikenal seperti apa ada baiknya kita membahas bagaimana cara membangun personal branding.

Cara Menentukan Personal Branding untuk Blogger

Cara menentukan personal branding bagi blogger


Sebelum aku menjelaskan branding yang aku inginkan atau sedang aku jalani di blogku ini. Aku akan menuliskan hal apa saja yang diperlukan oleh seorang blogger untuk mengenal brandingnya atau menentukan brandingnya. Tulisan ini aku ambil sebagian dari kelas blogspedia dan inspire frist

1. Kenali Diri Sendiri


Blog menentukan siapa kita. Dengan membaca blog, orang lain akan tahu kita dilihat seperti apa. Makanya perlu untuk mengenali diri sendiri. Seperti apa yang kita sukai? Apa tujuan kita? Apa yang ingin dibagi dengan orang lain? Dan lain sebagainya.

Agar dalam perjalanan ngeblog tidak berhenti. Kita bisa melihat dari alasan ngeblog kita. Jadi carilah tentang diri sebanyak-banyaknya.

2. Tentukan Gaya Blog yang Unik


Blogger banyak sekali di dunia ini. Dari ribuan blog yang ada. Kita harus menonjolkan apa yang unik dari blog kita. Apa yang membedakan dari blog lainnya?

Blog yang unik akan meninggalkan kesan bagi pembaca. Bisa jadi pembaca akan teringat untuk mengunjungi blog kita jika dia mencari sumber tulisan.

3. Belajar Ngeblog dari Ahlinya


Sekarang ini banyak kelas online tentang blog baik gratis maupun berbayar. Salah satunya kelasnya Mba Marita dengan blogspedia. Ada komunitas ISB yang suka membuka kelas blog. Ada lagi kelas KGB, kelas yang membuat banyak pesertanya kelagapan katanya. 

Belajar ngeblog dari ahlinya sangat membantu kita mengetahui cara-cara agar branding kita bisa dikenal secara luas.

4. Sering Up Date Blog


Ingin dikenal blogger tapi tidak pernah posting. Bahkan sebulan sekali tidak pernah. Maka orang pun tidak akan mengenal kita sebagai blogger. Apa lagi blogger seperti apa? Jadi up date blog akan memberikan bukti kepada orang lain bahwa kita blogger.

Agar kita bisa sering up date lebih baik mengikuti komunitas atau tantangan. Hal ini akan memicu kita untuk mau menulis. Jadi blog pun tidak sia-sia.

5. Aktifkan semua Media Sosial


Tidak semua orang akan menuju ke blog untuk mencari informasi. Untuk kita sering berinteraksi dengan orang lain biasanya menggunakan media sosial. Ada beberapa macam media sosial yang bisa kita gunakan. Brandingkan media sosial kita yang berisikan konten dari blog kita. Jadi semua disinkronkan informasinya.

Misalnya bagi tulisan kita di instagram, facebook, twitter maupun whatsapp. Jadi orang akan mengenali kita ini siapa. Selain itu bisa menambah pengunjung blog kita.

6. Bekerjasama dengan Blogger Lainnya


Mulailah kita berbagi info dengan blogger lainnya. Saling memberikan backlink untuk menyebarkan blog kita dan menambah pengunjung. Membuat kerja sama secara luring pun bisa menambah penyebaran blog kita. Jadi manfaatkan koneksi yang ada.

Langkah-langkah inilah yang bisa kita gunakan untuk membuat branding blog. Menjadi unik dan dikenal orang tidaklah terjadi dalam semalam. Kita harus terus menerus mengembangkan diri. Agar semakin jelas apa yang kita inginkan. 

Ceritaku dalam membranding blog

Bagaimana aku membuat personal branding? Ini bukanlah hal mudah yang aku pikirkan dan tuliskan. Aku adalah tipe orang yang tidak suka memamerkan apa yang ku punyai. Makanya dengan memiliki blog dan ingin dikenal sebagai blogger. Aku pun berusaha untuk mengulik diriku sendiri.

Bahkan aku pun kadang tidak percaya dengan apa yang aku pilih. Tidak mudah memang untuk bisa konsisten dengan apa yang telah menjadi pilihan. Sebelumnya aku membuat blog itu untuk proses penyembuhanku. Ini cukup berhasil untukku. Aku menjadi lebih percaya diri dengan apa yang telah aku lakukan.

Namun, lama kelamaan ada yang membuatku merasa tidak sanggup untuk melanjutkan ngeblog. Setelah apa yang aku inginkan terpenuhi terus apa lagi? Maka dari itu bersama pemilik renovrainbow.com aku meminta bantuan untuk mengenali siapa diri aku.

Kesimpulan yang aku dapatkan dari obrolan panjang lebar dengan Kak Renov, maka aku ingin dikenal sebagai :

Blogger dengan blog lifestyle sesuai dengan tagline yang aku buat Never Ending Life Journal. Berisikan tentang hobiku yaitu membaca buku, jalan-jalan, kuliner dan juga opiniku terhadap lingkungan yang ada.

Hobiku yang membaca buku aku ingin menyebarkan dengan ulasan yang mengajak orang lain untuk membacanya juga.

Jalan-jalan dan kuliner, siapa sih yang tidak suka dengan kedua hal ini? Aku bersyukur bisa tinggal di pulau yang menjadi destinasi wisata di Indonesia bahkan luar negeri. Maka dari itu aku pun ingin menyebarkan info tentang wisata pulau Lombok. Juga makanan khasnya.

Hal-hal yang terjadi di lingkunganku kadang membuatku merasa senang, sedih, kesal maupun rasa lainnya. Kadang hal ini memberikan wawasan bagiku. Seperti memiliki tetangga yang resek, tidak hanya mengeluhkannya tapi bagaimana kita juga menghadapinya.

Beginilah aku yang ingin dikenal oleh orang lain sebagai blogger lifestyle yang memadukan unsur budaya dan modernitas melalui buku.

Personal branding untuk blogger sangat membantuku untuk berkomunikasi dengan orang lain. Nah aku pun membuat kartu nama yang simpel seperti ini :

Kartu Nama Viandri

Terima kasih teman sudah mampir di blog aku.

Related Posts

12 comments

  1. Berasa lagi makan jeruk, orangenya segeeer, sukak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga abis berkunjung jadi nyari jeruk beneran hehe

      Delete
  2. yeayyyy
    Alhamdulillah sebuah achievement nih, menggali diri sendiri.
    Buat aku sendiri masih PR dengan memposting blog secara berkala. Nulis mah iyah, eh tapi kalau cuman jadi draft mah bukan selesai namanya ya.

    Btw, sukaaa sama kartu namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selesai untuk diri sendiri kak ren
      thanks a lot kak

      Delete
  3. kereeeen jadi makin canggih manis blognya

    ReplyDelete
  4. Aku sempet berhenti nulis di blog beberapa bulan, kaya kurang motivasi. Akhirnya ikut deh kelas blogspedia, lebih menggali lagi tentang keinginan blog. Dan belajar tentang personal branding juga, agar lebih PD mengatakan kalau aku tuh blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba kia mantap
      kuy ah sekarang PD bialang jadi bloger

      Delete
  5. Mbak Vi blogger banget ini. rajin update.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget nih tentang branding untuk menjadi seorang bloggernya. Kolaborasi bersama blogger lain juga perlu agar blog kita dapat semakin dikenal.

    ReplyDelete

Post a Comment