Ceritaku di Hari Blogger

16 comments
Daftar Isi [Tampil]
Selamat Hari Blogger Nasional 2020

Hai para newbie di blogger!

Bagi aku yang masih pemula untuk merayakan hari blogger nasional dan baru pertama kali merasakannya. Rasanya tuh serba bingung. Baru juga aktif di blogger dua bulan kebelakang. Tapi sudah mendapatkan kegiatan yang super fantastis.

Tulisanku kali ini akan menceritakan kerandomanku untuk menjadi blogger profesional. Sebagai blogger pemula aku cari-cari info tentang hari blogger nasional salah satunya ada di kompas.com.


Sejarah Hari Blogger



Hari blogger baru pertama kali dicanangkan pada tanggal 27 Oktober 2007 oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh. Sampai sekarnag setiap 27 Oktober menjadi hari perayaan para blogger. Perayaannya dinamakan On Off Indonesia (OnOffID) sebuah event yang mempertemukan blogger secara offline.


Karena tahun 2020 sedang masa pandemi, kegiatan tahunannya tidak bisa offline. Itulah sekilas hari blogger nasional.

Menjadi blogger pastinya tidak ujug-ujug jadi. Meskipun aku masih pemula ada saja cerita yang bisa aku jadikan isi blog untuk hari blogger ini. Hehehe

Cerita Singkat Aktif di Blog


Mulai aktif menulis di blog ketika mengikuti komunitas ODOP. Mewajibkan para pesertanya harus menulis setiap hari dengan platform yang aku pilih adalah blog. Sampai suatu hari muncullah info kalau salah satu adminnya membuka kelas blogger bagi pemula. Namanya Blogspedia Coaching Batch1 oleh Mba Marita Ningtyas.

Teman-teman bisa lihat tugas pertama yang kece banget. The Big Why memilih blog. Langsung kepala cenat cenut agar tetap konsisten dengan pemilihan blog ini. Mengikuti komunitas sangat membantu keaktifan blogku.


Rintangan yang dialami ketika mengikuti ODOP dan Coaching


Kehabisan ide


ODOP yang mewajibkan untuk posting setiap hari membuatku kehabisan ide. Kadang bingung mau nulis apa. Walaupun aku memiliki stock tulisan review buku, tetap saja kadang bingung untuk menjabarkannya.

Coaching, di kelas ini mewajibkan setiap anggotanya harus teliti mengerjakan tugasnya. Kadang kala untuk mengerjakannya sulit untuk mencari ide yang pas untuk ditulis panjang kali lebar. Minimal tulisan 800 karakter. Sedangkan aku baru pertama kali nulis panjang di ODOP yang minimal 300 karakter. Mengerjakan tugas pertama membuatku ingin nangis.

Konsisten


Konsisten menulis postingan juga konsisten mengisi blog dengan tema yang sudah aku tentukan. Tadinya aku bisa terjadwal setiap harinya memiliki postingan yang berbeda-beda dan terstruktur. Kenyataannya belum bisa konsisten. Misalnya Senin mau nulis cerpen jadinya artikel. Semacam itulah.


Mood yang suka berubah-ubah


Siapa yang suka nulis kalau ada moodnya? Aku salah satunya. Jika mood hari ini mau nulis cerpen tapi jadwalnya harus artikel, akhirnya mengikuti mood aku saja. Tapi kalau itu sudah menjadi tugas, mau tidak mau aku kerjakan. Contohnya seperti tugas coaching untuk menulis hari blogger atau tugas ODOP menulis puisi.

Selain rintangan yang aku hadapi tapi ada saja hal-hal yang aku senangi dalam kegiatan blogger ini.

Keseruan dalam WAG


Pada WAG Blogspedia banyak banget yang masih newbie kaya aku ini. Jadi banyak pertanyaan gokil yang bikin ketawa dan geleng kepala. Obrolan yang mengundang tawa dan juga gemas sendiri. Kadang obrolan random bisa menghibur teman-teman ketika sedang mengerjakan tugas.

WAG ODOP, dibuat untuk informasi seputar kegiatan ODOP. Selain ilmu menulis, aku bisa mendapatkan ilmu parenting juga. Sering kali ada obrolan harian yang tidak hanya membahas tentang tulisan. Kadang kegiatan harian teman-teman juga diobrolkan. Tentang sudut pandang suatu kejadian dan lain sebagainya. Salah satunya, ya perenting ini.


Mendapat ilmu gratis yang sangat bermanfaat


Siapa yang mau ngurus berpuluh-puluh anggota tanpa dipungut biaya apapun dengan waktu yang tidak sebentar. Setiap seminggu sekali ODOP memberikan ilmu yang bermanfaat untuk anggotanya. Kegiatannya hampir dua bulan lebih, tapi gratis untuk mengikutinya. Hanya perlu komitmen dan mengikuti aturannya saja.

Jika di Blogspedia Coaching, Mba Marita yang sebagai coachnya begitu sabar menjawab pertanyaan teman-teman berulang kali. Hingga aku tak ingin menyia-nyiakan kelasnya. Meski tugasnya masih asing bagiku, tapi tetap aku kerjakan. Rasanya sedih jika harus ditendang dari kelasnya.

Kedua kegiatan ini gratis, bukan berarti dibebaskan berkegiatannya. Tidak ada kata kasihan bagi yang tidak konsisten. Nilai atau poin kurang langsung gugur. Nanti akan kuceritakan lebih detail pada satu artikel jika aku sudah lulus dari kedua kelas ini.

Kembali lagi ke hari blogger, ya teman-teman. Pada hari ini aku ingin tulisan di atas sebagai pengingat bahwa untuk menjadi profesional tidaklah instan.

Hal apa saja yang perlu aku ingat untuk masa depan?


pengingat masa depan

Berbagilah dengan iklas


Belajar dari para coach baik di ODOP maupun di Blogspedia. Membagi ilmu untuk orang lain dengan iklas dan jelas akan memberikan dampak yang sangat tak terduga. Pastinya dampaknya positif.

Tidak sombong


Para coach atau panita tidaklah sombong dalam membimbing anggotanya agar bisa menjadi lebih baik. Mereka adalah coach yang ahli dibidangnya masing-masing, tapi tidak merendahkan tulisan teman-temanya yang masih belajar.

Tidak sungkan untuk memberikan kritik dan saran yang membangun. Tidak membiarkan obrolan grup saling menjatuhkan.

Komitmen


Para coach berkomitmen tinggi untuk mengarahkan kami sebagai anggotanya untuk terus menuntaskan tugas-tugas yang telah diberikan. Tidak membiarkan anggotanya lepas begitu saja. selalu diingatkan jika ada yang kurang atau belum setoran.


Berkelanjutan


Setelah kegiatan ini selesai, kami tidak dibiarkan hanya cukup sampai di sini. Akan ada kelas-kelas yang mengarah pada potensi anggotanya.

Beruntung sekali kan aku mengikuti kelas-kelas ini. Dari sinilah aku berpijak untuk mengukir karya yang bermanfaat untuk orang lain. Semoga aku menjadi ahli yang bisa aku ajarkan pada orang lain juga. Mencontoh para coach. Hari blogger hari di mana aku merangkai masa depan yang indah.

Terima kasih teman-teman sudah membaca tulisanku di hari blogger ini.

Related Posts

16 comments

  1. Berbagilah dengan ikhlas dan jangan somboong... Aku catet banget iniii... Selamat hari blogger...

    ReplyDelete
  2. Aku banget mba nulis kalau lagi mood, gimana mau jadi blogger pro kalau gitu mulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ya nih
      Sama-sama bejalar ngurus si mood.

      Delete
  3. Replies
    1. Setidaknya ada bahan buat kita ketawa ditengah mengerjakan tugas. 😂

      Delete
  4. Merasa disindir niih pas bacanya.
    Semoga ke depan kita smeuanya jd lebih baik lg yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan kak,, 🙏
      Mari tetap semangat mengerjakan tugas.
      Aamiin kak 🤗

      Delete
  5. Konsisten nulis yang paling berat ya mba. Pas kehilangan ide, rada susah nyarinya

    ReplyDelete
  6. hahaha, ya kak
    kalau lagi gak ada ide kebingungan mau nulis apa ditambah mood lagi rese, duuhh

    ReplyDelete
  7. Pr banget buat aku yang idenya ada tapi mood nulisnya gak ada, alhasil kadang gak jadi nulis :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus liatin laptop berjam-jam tulisan gak selesai2 hahhaha
      jadinya jalan2 online saja

      Delete
  8. Mood yang berubah-ubah ini tantangan banget kak nov. Apalagi buat emak-emak yang mager.an kayak aku wkwk. Kadang kalau terpaksa nulis terasa hilang 'Ruh'nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang aku juga lupa untuk baca bismillah hehehe

      Delete
  9. Selamat hari Blogger buat kita semua...
    Semoga kita tetap semangat dan konsisten menulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu semangat dan konsisten ngeblog kak. 💪💪💪

      Delete

Post a Comment